Makan Bakso Gak Boleh Terlalu Banyak, Ini Dia Akibatnya

12 Oct 2017

Segala sesuatu jika di lakukan dengan berlebihan tentu tidak akan baik hasilnya. Nah begitupun dengan makanan. Banyak orang yang mengira dengan banyak makan tubuh akan menjadi kenyang dan terasa kuat. Namun hal tersebut tentunya tidak berbanding lurus dengan efek yang di dapat. Contoh sederhana adalah apabila anda memakan bakso terlalu banyak. Bakso merupakan salah satu jenis makanan yang termasuk kedalam golongan camilan ringan. Karena memang bakso sejatinya tidak di santap berdampingan dengan makanan pokok seperti Nasi, Gandum ataupun Kentang. Oleh karenanya berapa mangkok pun bakso yang akan anda makan tentunya perut tak akan terasa kenyang.


Mengkonsumsi bakso terlalu banyak juga dapat menimbulkan beberapa efek samping yang harus anda ketahui. Beberapa efek yang anda rasakan apabila anda menyantap bakso dengan porsi yang lebih banyak :

Hipertesi – Penyakit ini di sebabkan bukan karena baksonya, tetapi karena kandungan MSG yang terdapat dalam kuah bakso. Takaran MSG yang berlebihan akan dapat menyebabkan tekanan darah meninggi lalu di lanjutkan dengan perut terasa mual serta sakit kepala yang cukup menyiksa

Gangguan Saraf – Lho apa hubungannya Saraf Otak dengan daging bakso?? Sekali lagi kandungan di dalam sebutir bakso terdiri atas banyak macam bumbu dan perasa. Salah satu bahan kimia yang sering tidak kita sadari yang ada dalam bakso adalah Formalin. Jika anda mengkonsumsi bakso dalam jumlah banyak, tentunya akan banyak pula takaran formalin yang masuk kedalam tubuh. Efeknya? Saraf otak anda akan terganggu.

Asam Lambung Naik – Ya mengkonmsusi bakso, terutama pada bagian kuah ternyata dapat membuat asam lambung menjadi naik tinggi. Efek ini di dapat karena penggunaan saus sambal yang melebihi batas.

Sakit Komplikasi Organ dalam – Ya pada zaman modern ini banyak sekali pedagang bakso nakal yang ingin mengeruk untuk sebesar-besarnya namun dengan modal sedikit-dikitnya. Nah hal ini tentu saja akan berimbas kepada proses produksi bakso itu sendiri. Banyak hal yang akan di lakukan oleh seorang pedagan jika ingin mencapai fase tersebut.

Beberapa kecurangan pedagang banyak sekali jenisnya. Namun hal yang paling nyata adalah penggunaan zat kimia berbahaya yang sering kali kita kenal dengan nama Borak. Borak sendiri adalah bahan kimia yang cukup popular di kalangan pedagang makanan nakal.
Boraks merupakan kristal lunak lunak yang mengandung unsur boron, berwarna dan mudah larut dalam air. Boraks merupakan garam Natrium Na2 B4O7 10H2O yang banyak digunakan dalam berbagai industri non pangan khususnya industri kertas, gelas, pengawet kayu, dan keramik. Gelas pyrex yang terkenal dibuat dengan campuran boraks.

Boraks yang dikonsumsi cukup tinggi dapat menyebabkan gejala pusing, muntah, mencret, kejang perut, kerusakan ginjal, hilang nafsu makan, penyakit jantung, alergi,dll. Sering kali borak di campur kedalam adonan mesin bakso ketika sedang melakukan pengolahan. Nah cukup berbahaya bukan kandungan bakso borak ini??

Untuk kedepannya apabila anda ingin menyantap bakso maka ada baiknya di tempat yang sudah terpecaya oleh badan makanan nasional BPOM/MUI. Hal ini tentu akan mencegah hal-hal buruk yang bisa menimpa tubuh dan kesehatan anda kedepannya.


TAGS bakso mesin bakso


-

Author

Search

Recent Post