Rumus menggunakan Oven Roti

19 Sep 2016

Well memanggang roti merupakan salah satu bagian/tahapan terakhir dari serangkaian pembuatan Roti dan Kue. Tahap ini membutuhkan sedikit ketelitian dan ketepatan serta perhitungan bagaimana memanggang adonan roti agar dapat matang sempurna tanpa Over cook alias gosong! Oke berikut ini rumus dasar bagaimana memanggang adonan roti yang tepat
Semakin besar produk, semakin rendah suhu dan lama waktu panggangnya.

 

Semakin kecil produk, gunakan suhu lebih tinggi dan waktu lebih singkat. Range suhu 180-220 der Cel untuk roti.
Dari rumus di atas maka bisa di Tarik kesimpulan bahwa ukuran pada cetakan adonan roti sangat mempengaruhi kualitas panggangan, semakin besar maka akan semakin berat dan semakin lama waktu yang di butuhkan. Faktor lain yang ikut mempengaruhi tingkat pembakaran roti adalah jenis Oven Roti yang di gunakan. Modern ini banyak sekali jenis oven roti yang beredar di pasaran, ada yang menggunakan bahan bakar Gas, listrik ataupun tenaga Hybrid dengan kombinasi Listrik dan Gas. Tips gampang membuat adonan roti agar terpanggang sempurna adalah sebagai berikut

1. Untuk mengisi roti model bun (bulat), tipiskan bagian pinggir-pinggir adonan, bagian tengah dijaga tetap tebal. Letakkan isian roti di tengah dan tarik mengumpul menutup isian. Rekatkan dengan cara dipadatkan/ditekan dan agak sedikit diputar adonannya. Bila terasa berminyak/licin, gunakan sedikit terigu untuk membantu.
2. Berat isian roti kira-kira sepertiga berat adonan. Jadi kalau per biji adonan roti beratnya 60 gram, maka isi idealnya hanya sekitar 20 gr.
3. Isian roti yang berminyak/berlemak (butter, filling daging), sebaiknya dibekukan sebentar untuk memudahkan saat mengisi..
Di samping hal di atas, memanggang adonan roti juga ada aturannya lho, beberapa aturan baku dalam teknik pemanggangan roti adalah sebagai berikut :
•    Suhu Oven harus Ideal di angka 220-260 derajat
•    Ukuran roti (Gunakan Rumus di atas)
•    Semakin tinggi kandungan Gula dan Susu dalam adonan, maka semakin rendah suhu oven
•    Semakin tinggi Lemak dalam adonan, pemanggangan akan menjadi lebih lama
•    Semprotkan uap air untuk mendapatkan kulit roti yang crispy
Gimana, simple kan? Oke selamat mencoba


TAGS oven roti


-

Author

Search

Recent Post