Mie Kuning, Tak Selalu jadi yang No 2 Kok!

21 Jun 2016

Ya siapa orang yang tak kenal dengan Mie yang mempunyai warna khas yang satu ini? Mie kuning merupakan salah satu jenis mie yang berbentuk lurus tidak keriting, namun mempunyai rasa yang berbeda dari varian mie standar. Mie kuning adalah mie yang di buat menggunakan bahan baku tradisional seperti tepun terigu,telur, kunyit dan sedikit pewarna makanan. Mie kuning mahfum di gunakan untuk bahan pelengkap pada makanan utama, sebut saja Soto,Bakso,dll. Mie kuning mempunyai warna yang khas, yakni berwarna kuning terang dan mempunyai tekstur yang lembut. Mie kuning di olah menggunakan bahan baku sederhana yang mudah di temui di pasaran, warna kuningnya berasal dari Kunyit dan sedikit pewarna makanan tradisional.

Cara pembuatannya juga terbilang sederhana, anda tak terlalu membutuhkan mesin mie modern hanya untuk sekedar membuat mie kuning. Cukup menggunakan sedikit keterampilan dalam proses pencetakan maka anda bisa membuat resep mie kuning anda sendiri. Di tanah air pada umumnya mie kuning di jual dalam kondisi mentah,karena memang mie kuning lebih banyak berkutat sebagai bahan pelengkap maka kehadirannya tak selalu wajib ada. Sayangnya mie kuning ini mempunyai daya tahan yang kurang baik, jika di simpan terlalu lama akan mengakibatkan mie menjadi bau dan tak layak konsumsi, so ada baiknya setelah di beli lalu langsung di masak matang.

Tak melulu di jadikan makanan pelengkap atau hiasan, mie kuning sendiri juga bisa di olah menjadi menu utama layakanya mie ayam. Sebut saja menu makanan Mie Aceh, makanan mie yang khas akan rasa rempah-rempah ini menggunakan mie kuning sebagai bahan utamannya lho. Bukan tanpa sebab karena memang tekstur mie kuning jauh lebih lembut namun lebih mengenyangkan jika di olah dengan baik dan benar. Untuk mendapatkan mie kuning yang empuk dan kenyal, Anda harus merebus mie kuning kering dengan sepanci air mendidih dan sedikit garam supaya mudah lunak dan gurih. Perhatikan selalu suhu yang Anda gunakan agar mie kuning tidak hancur ketika direbus. Mie kuning yang sudah direbus hendaknya segera ditiriskan dan disiram air dingin supaya tekstur mie tidak berubah. Dengan begitu, mie kuning siap digunakan.

Nah bagaimana apakah anda siap menggunakan mie kuning sebagai bahan percobaan di dapur anda?


TAGS mesin mie mie kuning


-

Author

Search

Recent Post