Mengenai Sejarah Mesin Mixer Roti

11 Jan 2016

Di jaman yang modern seperti sekarang ini kita telah banyak sekali mengenal alat-alat canggih yang memudahkan kita untuk melakukan segala pekerjaan dengan cepat. Tak terkecuali dalam dunia masak memasak atau biasa disebut juga dengan dunia tata boga. Dalam hal membuat kue kita mengenal adanya mesin mixer roti. Mixer merupakan sebuah mesin yang digunakan untuk mengaduk, mencampurkan ataupun mengolah bahan-bahan dasar dalam pembuatan roti atau kue kedalam satu adonan yang saling melengkapi. Namun apakah anda tahu darimana mixer tersebut berasal dan siapa yang membuatnya? Tentu anda tidak berpikir sejauh itu karena kita hanya mengetahui tentang bagaimana menggunakannya bukan tentang siapa yang telah membuat mesin yang canggih tersebut. Untuk menambah pengetahuan anda, kami akan jelaskan sekilas mengenai sejarah dari salah satu mesin komponen dalam pembuatan roti ini.


Mesin mixer roti pertama kali terpikirkan untuk dibuat pada tahun 1908, pada awalnya mesin mixer ini tercipta karena pemikiran dari seorang insinyur cerdas bernama Herbert Johnson. Dia merupakan seorang insinyur yang bekerja dalam sebuah perusahaan yang bergerak di bidang manufaktur. Lalu bagaimana cara dia menemukan atau mendapatkan inspirasi untuk membuat mesin pengaduk bahan roti yang dapat membuat pekerjaan menjadi lebih praktis ini? Pada awalnya dia melihat seseorang pada saat proses pembuatan roti secara manual. Yaitu dengan mengaduk bahan roti dengan sendok logam yang tentu sangat membuat tenaga terkuras habis. Apalagi jika itu merupakan sebuah pabrik yang harus mengejar omset yang besar dalam satu hari. Dibutuhkan tenaga yang sangat besar untuk melakukan proses produksi kue secara manual. Lalu insinyur herbert merumuskan dan mencoba membuat mesin pengaduk bahan roti atau biasa yang disebut mixer ini bersama dengan dibantu oleh rekan mekaniknya.

Lalu setelah tujuh tahun berlalu, tepatnya pada tahun 1915. Insinyur Herbert Johnson beserta rekan mekaniknya berhasil membuat mesin pengaduk bahan pembuat roti ini dengan kapasitas adonan yang lumayan besar yaitu 80 liter dalam satu kali proses pengadukan. Dan pada waktu itu mesin tersebut langsung diperkenalkan sebagai mesin pembuat roti di perusahaan-perusahaan berskala sedang. Namun jika mesin tersebut hanya dibuat untuk perusahaan, bagaimana jika ada seseorang yang ingin membuat kue atau roti secara pribadi dirumahnya. Karena kebutuhan inilah sang insinyur berusaha untuk membuat mesin pengaduk roti ini untuk orang rumahan. Tentunya dengan kapasitas yang tidak terlalu besar. Kemudian setelah beberapa tahun berikutnya atau lebih tepatnya pada tahun 1919, insinyur Herbert memperkenalkan The KitchenAid Food Prepare (stand mixer) untuk pembuatan kue dengan mesin mixer roti yang dapat berdiri dengan sendirinya dan bisa dilakukan dirumah sehingga anda dapat bebas dari rasa pegal.


TAGS mesin mixer roti


-

Author

Search

Recent Post