Mengenal Aneka Jenis Pahat Pada Mesin Bubut

10 Jul 2015

Mesin bubut – Mesin bubut merupakan salah satu jenis mesin kerja / industri yang paling kompleks perakitannya, bukan hanya masalah perakitan hingga ke masalah pengoperasian dan spare partnya pun tak jarang membuat orang bingung. Mesin bubut sendiri memiliki beberapa bagian penting yang tak bisa di pisahkan dari bagian utama, sebut saja bagian yang paling penting dari sebuah mesin bubut adalah Pahat. Pahat sendiri merupakan perkakas potong / penyayat yang paling vital kehadirannya, alat ini biasa di gunakan untuk memotong material logam,baja atau besin dalam proses pengerjaan dan penyambungan. Berikut ini beberapa prinsip kerja pahat pada mesin bubut :

Pahat Melintang

Pada proses ini pemotongan dengan mata pahat terjadi oleh gerakan langkah maju dan mundur, bisa dibilang proses pengerjaan pahat melintang ini merupakan bagian paling dasar dari proses pembubutan. Prinsipnya benda kerja hanya bergeser sedemikian rupa untuk memulai proses pemotongan secara berkala. Nah pada proses pemotongan ini gerak potong di lakukan oleh pahat dan gerakan makan akan di lakukan oleh benda kerjaa

Pahat Poros Spindel / Mesin bubut

Pada proses pengerjaan yang satu ini spindel akan memutar benda kerja melalui piringan, sehingga pada saat terjadi gerakan memutar, putaran akan akan di sampaikan ke roda gigi poros ulir. Oleh klem berulir, putaran poros ulir tersebut diubah menjadi gerak translasi pada eretan yang membawa pahat. Akibatnya pada benda kerja akan terjadi sayatan yang berbentuk ulir.

Pahat Gurdi

Jenis pahat ini terdiri dari dua mata potong dan melakukan proses pemotongan pada saat gerak potong di putar oleh poros utama Mesin bubut gurdi.

Pahat Freis

Pahat ini termasuk ke dalam pahat bermata potong jamak / banyak. Dengan jumlah mata potong yang banyak maka pengerjaan pemotongan akan lebih cepat dan akurat. ada dua macam cara yaitu mengefreis datar dan mengefreis tegak, ngefreis datar yaitu sumbu putaran pahat freis selubung sejajar permukaan benda kerja, dan ngefeis tegak sumbu putaran pahat freis muka tegak lurus permukaan benda kerja.

Oke semoga berguna


TAGS


-

Author

Search

Recent Post