Mengenal Lebih Dekat Dengan Mesin Bubut CNC

12 Feb 2015

mesin bubut cnc Apakah CNC Itu? CNC adalah singkatan dari Computer Numerical Control, yang berarti sebuah perangkat yang di kontrol secara penuh oleh sebuah chip komputer dengan printah yang terstruktur (program). Mengapa di sebut sebagai Numeric Control? Karena memang bisa dibilang jika mesin bubut CNC mempunyai kemampuan untuk membaca perintah yang di berikan oleh operator berdasarkan angka-angka yang telah di seting dalam sebuah program. Maka bisa dibilang apabila anda terbiasa melihat sebuah mesin bubut di operasikan oleh seorang manusia, pada mesin bubut CNC anda akan melihat sebuah mesin yang bekerja secara otomatis tanpa keterampilan tangan seorang manusia. Untuk menggerakan tool seperti Pahat, pemotong ataupun gerinder, sebuah mesin CNC hanya cukup membutuhkan perintah sederhana. Dengan bantuan sebuah mesin motor listrik sebagai penggerak, maka selanjutkan pekerjaan akan di proses dengan sistematis oleh Chip yang terdapat pada mesin CNC.


Setelah di bandingkan dengan mesin bubut konvensional pada umumnya, mesin bubut CNC memang terbukti mempunyai beberapa keunggulan yang tidak di miliki mesin bubut manual lain pada umumnya, beberapa keunggulan dari mesin bubut cnc antara lain :
Pengerjaan pemotongan dan pengukuran lebih akurat
Mempunyai keterulangan kerja secara sistematis dan terstruktur
Hemat waktu pengerjaan
Mampu melakukan pekerjaan berat untuk permesinan
Mampu membentuk benda kerja yang mempunyai tingkat kerumitan dan kepresisian tinggi

Hingga saat ini mesin bubut cnc sendiri telah di gunakan oleh banyak manufaktur produksi di seluruh dunia, aplikasi mesin cnc sendiri dapat di bagi menjadi dua bagian seperti :
Mesin perkakas : Bubut, Milling, Drilling dan pengerjaan logam berat
Non Mesin Perkakas : Perakitan, Penggambaran, Inspeksi

Oke agar sebuah mesin bubut cnc dapat di gunakan secara optimal maka anda membutuhkan beberapa perangkat lunak, perangkat lunak disini adalah sebuah program dan software yang mampu di baca oleh sebuah mesin bubut cnc. Beberapa program yang bisa di akses meliputi CAD,CAM dan CNC Crontroler, seperti contoh kita dapat menggunakan perangkat lunak seperti AutoCAD, Inventor ataupun Solid Edge. Secara sederhana beberapa program tersebut akan mengkonversikan beberapa perintah kepada motor listrik dan tool mekanik untuk bergerak dengan putaran dan kecepatan tertentu, umumnya perinta tersebut bisa berupa sinyal pulsa, frekwensi dan RPM.

Oke semoga berguna


TAGS mesin bubut cnc


-

Author

Search

Recent Post