Cara Membuat Peredam Suara Sendiri

12 Jul 2013

Membuat peredam suara atau akustik ruangan yang baik membutuhkan ketelitian dalam pengerjaannya. Saat ini banyak jasa pembuatan peredam suara dengan hasil yang baik, dengan memasang peredam suara yang berkualitas baik maka hasil yang di dapatkan akan maksimal.

http://images01.olx.co.id/ui/13/39/26/1350331530_414283326_4-Design-Interior-Studio-Musik-Jasa.jpg

Peredam suara berfungsi untuk mencegah suara dari dalam agar tidak keluar ruangan, Mengurangi feedback dan juga menciptakan ambience yang sesuai dengan kebutuhan.

Agar hasil peredaman maksimal tentunya kita memerlukan bahan yang berkualitas dengan harga yang mahal, Namun kita bisa membuat peredam suara untuk studio musik dengan budget minim dan bahan yang cukup bagus. Mau tahu bagaiman pembuatannya? yuk simak ulasannya dibawah ini:

Bahan-bahan:
- Gipsum
- Karpet.
- Lem khusus untuk karpet
- Paku untuk gipsum
- Kayu Yang biasa dipakai untuk memasang plafon.
- Rockwool, adalah material insulation, yaitu bahan yang tahan panas dan dapat menyerap suara. Terbuat dari serat ringan dengan inti berupa batu alam yang disatukan dengan damar panas.

Tahapan pengerjaan:

- Siapkanlah ruangan kosong dengan bagian atas dicor penuh tanpa jendela dan hanya satu jendela permanen yang tembus ke ruang operator.
- Pasanglah kayu pada seluruh dinding dan langit-langit sehingga membentuk beberapa frame, nantinya rockwool akan diletakkan di dalam frame tersebut jadi buatlah ukuran frame yang tepat agar rockwool dapat diletakkan dengan pas.
- setelah seluruh dinding dan langit-langit terpasang frame kayu letakanlah rockwool di dalam setiap frame.
- setelah rockwool terpasang tutuplah seluruh dinding dan langit-langit dengan gipsum
- lapisan terakhir yang dipasang adalah karpet, lumurilah belakang karpet, dan gipsum yang telah dipasang pada dinding dan langit-langit dengan lem khusus untuk karpet, lalu diamkan selama beberapa menit sampai lem yang menempel tidak lengket lagi, kemudian pasanglah karpet pada dinding dan langit-langit dengan rapih.
- Bila anda kurang suka dengan karpet maka dapat menggantinya dengan bahan lain misalnya wall peaper.
- Untuk bagian lantai yang akan dipasang drum set sebaiknya dibuatkan tempat sejenis panggung kecil yang memiliki kaki-kaki yang dipasng karet tebal contohnya seperti pada kaki kulkas yang berguna menahan getaran.
- Untuk jendela permanen sebaiknya dipasang dua buah kaca dengan ketebalan 1cm yang dipasang dua lapis pada bagian dalam kusen dan bagian luar kusen dengan bagian tengah dikosongkan, lapisilah setiap pinggiran kaca dengan karet(seperti pemasangan kaca mobil yang dilapisi karet pada seluruh sisinya yang berguna untuk mengurangi getaran suara.).

Semoga bermanfaat, cara di atas ini adalah cara yang sangat sederhana dan tidak dapat 100% meredam suara, namun demikian suara yang tembus ke luar masih minim sehingga tidak akan menggangu pendengaran orang yang berada di luar studio.

Info: peredam suara


TAGS Peredam Suara distributor peredam suara membuat peredam suara cara buat peredam suara murah


-

Author

Search

Recent Post